Masjid Al-Madinah Zona Madina Dompet Dhuafa Ajak Anak Yatim Study Tour

Zona Madina Dompet Dhuafa Gelar Teacherpreneur Bersama SGI Jawa Barat
October 17, 2022
Gelar Peringatan Maulid Nabi, Masjid Al-Madinah Zona Madina Dompet Dhuafa Hadirkan Ust. Babe Haikal Hasan
October 28, 2022
Spread the love

Sebanyak lima puluh anak yatim binaan Masjid Al-Madinah Zona Madina Dompet Dhuafa yang berasal dari wilayah Jampang dan sekitarnya melaksanakan kegiatan studi tour bersama Masjid Al-Madina Zona Madina Dompet Dhuafa ke beberapa tempat wisata bersejarah dan museum nasional. Kegiatan study tour dilaksanakan mulai pagi hingga sore hari dengan rute kunjungan ke Museum Fatahillah, Kota Tua dan Museum Nasional yang didampingi juga bersama beberapa fasilitator. Selain mengajak anak yatim binaan mengenal sejarah melalui study tour, kegiatan diisi juga dengan pemberian santunan pendidikan dari para donatur Zona Madina Dompet Dhuafa.

Kegiatan study tour dimulai dengan perjalanan dari Masjid Al-Madinah yang terletak di wilayah Parung, Kabupaten Bogor. Anak-anak yatim binaan terlihat sangat antusias dalam perjalanan menuju Jakarta karena merupakan pengalaman pertama mereka melaksanakan study tour. Rute pertama ke Kota Tua dan Museum Fatahillah, anak-anak disajikan peninggalan bersejarah dan karya-karya yang ditampilkan di Museum. Semangat anak-anak mengenal sejarah terlihat dari antusias dalam mencatat semua informasi yang berada di Kota Tua dan Museum Fatahillah.

Study Tour Wisata Kota Tua Jakarta

Setelah dari Kota Tua dan Museum Fatahillah, anak-anak yatim binaan kembali diajak ke Museum Nasional Republik Indonesia, atau yang sering disebut dengan Museum Gajah. Anak-anak diajak mengenal dan menggali informasi tentang benda-benda arkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi yang berada di dalam Museum Gajah.

Study Tour Museum Nasional

Selain itu anak-anak juga diajak untuk melihat sajian tampilan audio di ruang ImersifA, ruang baru imajinasi Museum Nasional.

Manager Program dan Pemberdayaan, Jabal, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk berbagi kebahagiaan kepada yatim dan dhuafa. “Sesuai dengan tujuannya, study tour bersama anak-anak yatim binaan, mudah-mudahan bisa menjadi pemantik kebahagiaan bagi anak-anak khususnya. Lewat study tour bersama yatim ini kita akan berbagi kebahagiaan dan menjadi wujud kepedulian kita kepada mereka. Karena sudah menjadi tanggung jawab kita untuk berbagi kebahagiaan kepada anak-anak ini dan menjalankan amanah dari para donatur” ujarnya.

Kegiatan ditutup dengan pemberian santuan kepada anak-anak yatim binaan oleh Masjid Al-Madinah Zona Madina Dompet Dhuafa yang diberikan oleh donatur. Jabal menambahkan, kepada puluhan anak yatim binaan agar selalu termotivasi untuk terus sekolah hingga jenjang pendidikan tertinggi.

(By Agung Rakhmad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Zakat & Donasi