Zona Madina Dompet Dhuafa dan Mandiri Amal Insani Meresmikan Rumah Jamur Sebagai Pusat Budidaya dan Penjualan Jamur Tiram

Zona Madina Kenalkan Desa Pemberdayaan dengan Event Lari Amal “Djampang Charity Run”
August 6, 2018
Kisah Sandi Wijaya, Juragan Jamur Yang Hanya Lulusan SMP
August 7, 2018

Bogor – Rumah Jamur adalah rumah budidaya jamur tiram untuk bisa tumbuh dan berbuah. Budidaya jamur tiram merupakan program ekonomi masyarakat Zona Madina yang dimulai pada tahun 2013. Jumlah penerima manfaat dalam budidaya jamur ini sebanyak 40 orang. Kegiatan kelompok budidaya jamur ini mulai dari pembuatan bibit sampai pengolahan jamur.

Dalam proses pengembangannya Zona Madina berkerjasama dengan Mandiri Amal Insani Foundation untuk membangun Rumah Jamur di kawasan Zona Madina. Rumah Jamur yang di resmikan hari minggu ini (29/7) diatur menjadi galeri dan pusat penjualan jamur tiram binaan Zona Madina.

Yuli Pujihardi selaku direktur Zona Madina menerangkan bahwa rumah jamur ini sangat berguna bagi mitra pemberdayaan ekonomi, pasalnya selain sebagai tempat produksi rumah jamur ini juga didesain sebagai pusat penjualan yang modern.

“Penjualan jamur ini nanti melalui koperasi, dan bisa menggunakan sistem YAP BNI Syariah untuk pembeli, sehingga pembeli cukup menscan barcode yang tersedia di food court zona madina untuk membayarnya” ujarnya.

Jamur Tiram ini dijual dengan berbagai model, ada yang dijual jamurnya saja seharga 14 ribu/kilo, ada juga yang dijual dengan baglog atau medianya dalam packaging “Grow box” yang menarik, serta dijual juga jamur olahan sperti kripik jamur, nuget jamur, dan katsu jamur.

Wakil Ketua Pengurus Yayasan Mandiri Amal Insani Abung Sewaka menyampaikan bahwa Mandiri Amal Insani adalah lembaga zakat yang mempunyai visi syiar Islam Rahmatan Lilalamin, baginya program rumah jamur ini adalah bentuk dari pengamalan konsep zakat untuk menuju visi tadi.

“Karena jamur ini bermanfaat bagi kehidupan membantu ekonomi dhuafa dna membangun kemandirian” ujarnya.

Dalam peresmian rumah jamur ini dilakukan pemotongan pita dan penyerahan Grow Box jamur kepada pihak Mandiri Amal Insani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Donasi