Didik Anak Desa Jago Bahasa Inggris, UNPAM Selenggarakan Pelatihan Literasi

Belajar Digital Learning Story Telling, Sekolah Citra Berkat berkunjung ke Zona Madina
September 13, 2019
IGTK Gunung Sindur Gelar Manasik Haji di Kawasan Zona Madina
September 16, 2019

ZONA MADINA, KEMANG – Dosen Universitas Pamulang (UNPAM) kunjungi Kawasan Zona Madina Dompet Dhuafa untuk memberikan pelatihan Literasi Bahasa Inggris pada Minggu pagi, 15 September 2019. Kunjungan sembilan dosen Sastra Bahasa Inggris itu merupakan bentuk dari kerjasama antara UNPAM dan Jampang English Village (JEV) dalam program pengabdian kepada masyarakat.

Pelatihan literasi Bahasa Inggris mengajarkan anak-anak kemampuan dalam storytelling, reading poetry, speech dan spelling bee. Sasaran program ini adalah peserta didik English Protégé di wilayah Desa Jampang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor. Terdapat seleksi dalam mengikuti program unggulan ini, yaitu pada event kompetisi yang digelar satu pekan lalu untuk memfilter anak-anak yang memiliki bakat, kemampuan dan keberanian.

Sebanyak 15 anak yang lolos seleksi Bahasa Inggris tersebut, mendapatkan pelajaran literasi yang dibimbing langsung oleh para dosen sastra Inggris Universitas Pamulang. Harapannya, mereka akan menjadi ikon Literasi Bahasa Inggris di desa mereka. “InsyaAllah, kerjasama antara UNPAM dan JEV ini akan menghasilkan anak-anak yang cinta dan mahir dalam literasi, walaupun berasal dari desa kecil, namun dengan program ini, mereka akan mampu tampil bersama anak-anak dari kota besar”, ungkap Sarkiah Hafsari, koordinator JEV.

Kegiatan pelatihan literasi akan dilaksanakan setiap bulan sekali selama tiga tahun. Para Dosen UNPAM akan membimbing langsung anak-anak yang terpilih dan akan meng-coaching mereka secara individual untuk menjadi pribadi-pribadi yang siap bersaing dalam bidang literasi Bahasa Inggris. Melalui program kerjasama ini, JEV hendak berupaya untuk melahirkan generasi bangsa yang mampu memberikan kontribusi terbaik untuk desanya melalui Pendidikan Bahasa Inggris.

Kedepan, diharapkan muncul anak-anak lulusan JEV yang mampu mendirikan lembaga Pendidikan Bahasa Inggris baru. Sebut saja Mis Nurhayati, dia adalah salah satu peserta program scholarship JEV yang saat ini sedang mendirikan lembaga Bahasa Inggris sendiri bernama JEV PRIME COURSE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Donasi