IKHTIAR REVITALISASI FUNGSI MASJID, DKM Al MADINAH GELAR WORKSHOP MASJID BERDAYA

Festival Musik Djampang : Menghidupkan Kembali Lagu Daerah Ditengah Pelajar Milenia
March 10, 2018
MPPA & Dompet Dhuafa Kembali Menggelar Program Infaq via Kasir Untuk Ramadhan 2018
April 12, 2018

Bogor- Seratusan peserta dari perwakilan pengurus Masjid dan Majelis Taklim seJabodetabek hadiri Workshop Masjid dan Majelis Taklim Berdaya “Berdaya, Makmur, dan Menebar Manfaat untuk Ummat” (1/4) di ruang serbaguna Masjid Al Madinah, kawasan Zona Madina Dompet Dhuafa, Bogor.

Yuli Pujihardi selaku Direktur Zona Madina mengapresiasi dan menyambut baik kehadiran para peserta. “Berharap acara ini menjadi media shilaturrahim antar pengurus masjid dan menguatkan serta memperluas manfaat kehadiran masjid bagi ummat, terlebih lagi menyambut bulan suci ramadhan 1439 H. Zona Madina Dompet Dhuafa adalah kawasan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan secara terpadu dan berkelanjutan, dibangun di atas tanah wakaf seluas 8,5 Hektar di Bogor, kawasan ini bagian dari pengelolaan ziswaf (zakat, infaq, sedekah, dan wakaf) melalui integrasi program yang meliputi kesehatan, ekonomi, pendidikan, sosial, dakwah, dan budaya. Hal ini sangat dimungkinkam untuk juga dikembangkan dalam pengelolaan Masjid atau Majelis Taklim”, ujar Yuli.

Hal senada disampaikan Ahmad Fauzi Qosim, selaku ketua DKM Al Madinah yang juga sebagai salah satu narasumber workshop menyampaikan bahwa “kegiatan ini merupakan ikhtiar penguatan jaringan masjid berdaya di Jabodetabek dengan optimalisasi pengelolaan Ziswaf (zakat, infaq, sedekah, dan wakaf) berbasis masjid, menyusun program-program kekinian yang dibutuhkan masyarakat atau jamaah, baik program dakwah, ibadah, pendidikan, maupun kesejahteraan sosial dan pemberdayaan masyarakat, serta menyusun program kemitraan dalam penguatan fungsi masjid dan majelis Taklim sebagaimana fungsi masjid zaman Rasulullah SAW. Sebelumnya, tahun 2014 cordofa telah melakukan road show training pengelolaan masjid, dan selanjutnya bersama tim Remo dilaksanakan Seminar Masjid Berdaya 2017 lalu”.

“Masyarakat menyebut masjid adalah rumah Allah subhanahu wa ta’ala yang difungsikan untuk menunaikan shalat atau ibadah lain. Selain itu, kalau lihat fungsi masjid zaman Rasulullah SAW, masjid juga dimanfaatkan untuk dakwah, pusat daulah Islamiyyah, rumah sakit, tempat latihan dan menyusun strategi perang, tempat berteduh kaum suffah, Baitul Maal, tempat musyawarah, dan Resolusi konflik”.keagamaan atau ngaji. “Tambah Fauzi.

Di sesi akhir, para peserta diajak berdiskusi dan menyusun rencana tindak lanjut dalam jaringan masjid berdaya bersama tim Al Madinah, Cordofa, Remo, dan tim Dompet Dhuafa lainnya.

Hadir dalam acara tersebut yang juga sebagai narasumber Herman Budiyanto (Direktur PT Wasilah), Ahmad Faqih (MPZ Direktorat Remo), Tendy Satrio (Direktur DD Niaga), Hardy Agusman (koord Cordofa), dan Madroi (koord Barzah).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Zakat & Donasi