Festival Musik Djampang : Menghidupkan Kembali Lagu Daerah Ditengah Pelajar Milenia

Berbagai Pegiat Kemanusian Shalat Gerhana Bulan di Masjid Al Madinah Dompet Dhuafa
February 1, 2018
IKHTIAR REVITALISASI FUNGSI MASJID, DKM Al MADINAH GELAR WORKSHOP MASJID BERDAYA
April 3, 2018

BOGOR – Hari ini (10/3) dalam rangka momentum Hari Musik Nasional, Kampung Wisata Djampang menggelar Festival Musik Djampang untuk Pelajar. Festival ini kembali mengingatkan peranan musik sebagai ekspresi budaya universal yang mempresentasikan nilai luhur dan kemanusiaan, serta memiliki peran strategis untuk memajukan pembangunan nasional.

Musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkanya ke dalam suatu bentuk seni. Kampung Wisata Djampang sebagai representasi perhatian Zona Madina – Dompet Dhuafa dalam bidang budaya dan sosial masyarakat, merasa perlu melestarikan lagu-lagu daerah dan lagu kebangsaan Indonesia. Dengan mengajak pelajar dalam Festival Musik Djampang ini diharapkan pelajar semakin mengenal nilai luhur budaya bangsa Indonesia ditengah globalisasi, termasuk budaya musik barat yang menjadi tren dikalangan pelajar.

Festival Musik Djampang ini menarik perhatian banyak pelajar untuk berbodong-bondong mengikuti festival ini. Tercatat 192 orang pelajar mengikuti berbagai perlombaan dalam Festival Musik Djampang ini.  Peserta terdiri dari berbagai sekolah di Bogor, mereka mengikuti perlombaan dengan perseorangan maupun kelompok. Menariknya Festival ini membuat perlombaan lagu daerah dan mars sekolah bagi pelajar, hal ini dinilai sangat beda dengan berbagai acara serupa yang justru melombakan lagu-lagu asing, dan cenderung kurang menumbuhkan nasionalisme bagi pelajar di era milenia ini.

Yuli Pujihardi selaku direktur Zona Madina menerangkan pentingnya pelajar untuk mengenal dan mencintai lagu-lagu daerahnya. “Festival Musik Djampang ini adalah momentum bertepatan dengan hari musik nasional untuk kembali menghidupkan lagu-lagu daerah ditengah pelajar Indonesia” tegas Yuli kepada media.

Festival Musik Djampang diselengarakan di Kampung Wisata Djampang, Zona Madina Dompet Dhuafa, jalan raya Parung KM 42 Bogor. Acara ini turut didukung oleh berbagai perusahaan dan lembaga yang konsen terhadap dunia pelajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Zakat & Donasi