Zona Madinah Dompet Dhuafa Kembangkan Bisnis Homestay

Kunjungi Zona Madina, Gus Sholah: Ini Patut Dicontoh
June 5, 2017
Dompet Dhuafa Ajak Masyarakat Lebih Mengenal Zona Madina
June 5, 2017

POJOKSATU.id, KEMANG—Zona Madinah Dompet Dhuafa melatih puluhan warga Desa Jampang, senin. Warga diajarkan bagaimana memberdayakan tempat tinggal (homestay) agar bisa digunakan menambah pendapatan.

Bisnis homestay ini sekaligus memperkenalkan desa wisata kepada masyarakat luas. Hadir dalam kesempatan itu kepala Bidang Sarana Pariwisata Disbudpar Kabupaten Bogor dan kepala Desa Jampang.

Direktur Zona Madinah Dompet Dhuafa, Yayan Rukmana mengatakan, homestay adalah tempat tinggal warga yang dijadikan penginapan. Homestay ini sama seperti hotel. Namun, homestay milik warga ini bersifat tradisional, karena ada di perkampungan.

“Di Desa Jampang ada 30 homestay yang diberdayakan. Tersebar di Kampung Jampang, Babakan Lima, Lengkong Barang, dan Iwul,” ujarnya  kepada Radar Bogor, senin.

Dia menambahkan, Desa Jampang sudah dikenal sebagai desa wisata. “Ini merupakan perpaduan yang bagus. Satu sisi homestay bisa dijadikan income, sedangkan di sisi lain seluruh wisata di Jampang juga bisa ikut terkenal. Di sini ada wisata jamur, ikan, dan lainnya,” terangnya.

Menurutnya, bagi masyarakat yang ingin mencoba penginapan, bisa dilakukan dengan dua cara. Yaitu bisa menghubungi pihak Zona Madinah atau langsung datang ke tempat penginapan di perkampungan itu.

“Rumah warga yang dijadikan penginapan itu ada tandanya sehingga mudah dicari. Fasilitas masing-masing homestay yang disedikan seperti kasur, tempat tidur, dan tempat ibadah. Harga menginap cukup bayar Rp25 ribu hingga Rp30 ribu per malam,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana Pariwisata Disbudpar, Sudiyono mengatakan, homestay sedang dikembangkan untuk masuk kategori wisata. “Semua dilakukan secara bertahap karena anggarannya tidak ada,” tandasnya.(fdm/c)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Donasi