Menguak Kearifan Lokal Melalui Kegiataan Grebek Kampung

Mei 16, 2019
Ramadhan Asyiik Bersama JEV Ngabuburit di Zona Madina
Mei 18, 2019

Menguak Kearifan Lokal Melalui Kegiatan Grebek Kampung RUMPIN, 11 Mei 2019 — Suasana di Desa Rabak hari ini ramai, para warga bergotong royong saling membantu untuk mengecat Musholla dan menyiapkan menu berbuka bersama di dapur umum. Disisi lain nampak warga berbondong - bondong untuk menikmati layanan cukur rambut dan layanan aksi sehat. Anak-anak berada di sisi lain desa untuk belajar bahasa Inggris, bela diri silat dan mengikuti aneka lomba. Lomba-lomba tersebut meliputi lomba tangkap ikan, kreatifitas ketupat dan hafalan surat. Inilah gambaran keriuhan Desa Rabak saat dikunjungi tim Dompet Dhuafa dalam Program Grebek Kampung. Grebek Kampung merupakan kegiatan #jangantakutberbagi yang sedang diselenggarakan Dompet Dhuafa pada Bulan Ramadhan 1440 di 114 Desa di Indonesia. Kali ini kegiatan grebek diselenggarakan di Desa Rabak, Kec, Rumpin, Kab, Bogor menyasar jumlah Penerima Manfaat sebanyak 800 orang. Dalam pelaksanaannya terlibat organ dan jejaring Dompet Dhuafa diantaranya adalah Zona Madina, LKC, IK, LPM, KF, CRM, dan DDV. Kegiatan Grebek Kampung dilaksanakan dari pagi hingga sore, sampai saatnya berbuka bersama. Kegiatan sore meliputi pembagian hadiah, pemberian santunan yatim, story telling, tausiah dan iftor jama'i, semua warga berbuka bersama di Musholla. Dalam kegiatan ini, hadir pula para donatur Dompet Dhuafa dan komunitas yang ikut berbagi dan terlibat aktif dalam setiap kegiatan. Hal ini merupakan wujud partisipasi donatur dalam kegiatan- kegiatan yang diselenggarakan Dompet Dhuafa di Bulan Ramadhan 1440 H, sebagai kegiatan real membantu warga yang membutuhkan. Profil Desa Rabak , walaupun dekat dengan kota akan tetapi secara kehidupan masih jauh dari rata - rata. Mayoritas pendidikan tertingginya adalah SD dengan mata pencaharian petani dengan penghasilan rata - rata 800 ribu per bulan. Disana masih jarang jamban sehingga warga masih bergantung dengan sungai untuk aktifitas MCK. Grebek kampung menghadirkan sisi keakraban warga yg selama ini sudah mulai luntur dari peradaban Indonesia. Indonesia merupakan bangsa yang memiliki kearifan lokal dan adat timur yg tinggi, selayaknyalah perlu dilestarikan dan dipertahankan dalam sosial kemasyrakatan. Menurut Bpk. Jabaludin selaku Ketua Ramadhan Masjid Al Madinah Kawasan Zona Madina menerangkan bahwa "Acara ini dalam rangka memeriahkan Ramadhan 1440 H dengan hal yang positif serta harapan utamanya adalah untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah dengan syair dan siar dalam konteks saling berbagi dan berpadu."

Spread the love

RUMPIN_  Suasana di Desa Rabak (11/5) ramai, para warga bergotong royong saling membantu untuk mengecat Musholla dan menyiapkan menu berbuka bersama di dapur umum. Disisi lain nampak warga berbondong – bondong untuk menikmati layanan cukur rambut dan layanan aksi sehat. Anak-anak berada di sisi lain desa untuk belajar bahasa Inggris, bela diri silat dan mengikuti aneka lomba. Lomba-lomba tersebut meliputi lomba tangkap ikan, kreatifitas ketupat dan hafalan surat.
Inilah gambaran keriuhan Desa Rabak saat dikunjungi tim Dompet Dhuafa dalam Program Grebek Kampung.

Grebek Kampung merupakan kegiatan #jangantakutberbagi yang sedang diselenggarakan Dompet Dhuafa pada Bulan Ramadhan 1440 di 114 Desa di Indonesia. Kali ini kegiatan grebek diselenggarakan di Desa Rabak, Kec, Rumpin, Kab, Bogor menyasar jumlah Penerima Manfaat sebanyak 800 orang. Dalam pelaksanaannya terlibat organ dan jejaring Dompet Dhuafa diantaranya adalah Zona Madina, LKC, IK, LPM, KF, CRM, dan DDV.
Kegiatan Grebek Kampung dilaksanakan dari pagi hingga sore, sampai saatnya berbuka bersama. Kegiatan sore meliputi pembagian hadiah, pemberian santunan yatim, story telling, tausiah dan iftor jama’i, semua warga berbuka bersama di Musholla.
Dalam kegiatan ini, hadir pula para donatur Dompet Dhuafa dan komunitas yang ikut berbagi dan terlibat aktif dalam setiap kegiatan. Hal ini merupakan wujud partisipasi donatur dalam kegiatan- kegiatan yang diselenggarakan Dompet Dhuafa di Bulan Ramadhan 1440 H, sebagai kegiatan real membantu warga yang membutuhkan.
Profil Desa Rabak , walaupun dekat dengan kota akan tetapi secara kehidupan masih jauh dari rata – rata. Mayoritas pendidikan tertingginya adalah SD dengan mata pencaharian petani dengan penghasilan rata – rata 800 ribu per bulan. Disana masih jarang jamban sehingga warga masih bergantung dengan sungai untuk aktifitas MCK.
Grebek kampung menghadirkan sisi keakraban warga yg selama ini sudah mulai luntur dari peradaban Indonesia. Indonesia merupakan bangsa yang memiliki kearifan lokal dan adat timur yg tinggi, selayaknyalah perlu dilestarikan dan dipertahankan dalam sosial kemasyrakatan.
Menurut Bpk. Jabaludin selaku Ketua Ramadhan Masjid Al Madinah Kawasan Zona Madina menerangkan bahwa “Acara ini dalam rangka memeriahkan Ramadhan 1440 H dengan hal yang positif serta harapan utamanya adalah untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah dengan syair dan siar dalam konteks saling berbagi dan berpadu.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Zakat & Donasi